Persembahan Kue Gosong kepada Sri Jagannatha di Puri Orissa

Maharaja Purusotham Dev, yang memerintah Odisha dari 1421-1426 adalah ayah dari Maharaja Prataparudra, penyembah Sri Chaitanya Mahaprabhu yang terkenal.
Pada suatu ketika, para tukang masak ditemple menghadap raja dgn komplain. “Maharaja ada seorang “dasa-muduli panda” ( brahmana yg bertugas mencuci alat2 puja arati Sri Jagannath) yg bernama “Suna Mahapatra”, telah membuat persembahan yg tidak normal atau tdk semestinya dipersembahkan kpd Sri Jagannath, setiap hari setelah kami memasak utk Tuhan kita, Suna Mahapatra ini datang dan mengumpulkan semua sisa2 kacang hitam yg masih tersisa di batu lesung penumbukan. Dia kepal2 lalu membuatnya menjadi bola bola dan memanggangnya di api. Ia lantas membawa kue bola bakar ini, dan sambil berdiri sembunyi dibelakang Garuda Stambha ( kira2 50mtr dari altar utama Sri Jagannath), dia mempersembahkanya kpd Sri Jagannath dan kemudian memakannya sebagai Mahaprasad Sri Jagannath.

Setelah mendengarkan komplain dari para tukang masak, Sang Raja Marah dan memaki, ” betapa bodohnya orang ini !”. Raja memerintahkan prajurit utk mengawasi dan menangkap Suna Mahapatra, agar dia tidak bisa lagi mempersembakan kue bola bakar kpd Tuhan Jagannath.

Malam itu, Sri Jagannath datang di mimpi Sang Raja dan berkata, ” wahai raja, engkau telah memerintahkan para prajurit utk menangkap penyembahku yg sgt tulus. Karena itu, malam ini dia tidak mempersembakanKu kue bakar kesukaanKu. Hal ini membuatKu tidak puas menikmati hidangan persembahanKu”, tahukah engkau dgn penuh cinta kasih dia ingin sekali menyiapkan persembahan untukKu”.

Setelah mendengar semua ini, Sang Raja segera terbangun dan malam itu juga memanggil Suna Mahapatra. Raja meminta maaf dan memberikan penghormatan dgn mengangkatnya menjadi Ketua Juru Masak ditemple. Raja meminta agar setiap hari dia mempersembahkan Kue Bola Bakar kpd Sri Jagannath.

” Chappanna-bhoga” artinya “56 jenis masakan yg dipersembahkan kpd Sri Jagannath”, tapi di Jagannath Mandir, Chappanna Bhoga juga adalah nama dari Kue Bola Bakar, yaitu persembahan yg dibuat oleh Suna Mahapatra. Sampai sekarang kue ini masih dipersembahkan setiap hari kpd Sri Jagannath.

JAY JAY..” SRI JAGANNATH KIJAYY…
SUNA MAHAPATRA KI JAYY” MAHAPRASAD KI JAY”.. ( cerita2 dari Kataka-raja-vamsavali ). Sri Krishna Katamrtha ki jayyy..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s