Snana Yatra Sri Jagannatha

Snana Yatra adalah festival mandi dirayakan pada Purnima (hari bulan purnama) bulan Hindu Jyeshtha. Ini adalah festival penting dari Pemuja Jagannath. Festival ini adalah kesempatan pertama tiap tahun sesuai dengan kalender Hindu, ketika Tuhan Jagannath, Balabhadra, Subadra, Sudarshan, dan Madanmohan diiring keluar dari Kuil Jagannath (Puri) dan dibawa dalam prosesi ke Bedi Snana. Mereka diadakan seremonial mandi dan dihiasi untuk khalayak umum dengan para bhakta.

Pentingnya
Ini adalah sraddha di kalangan umat Tuhan Jagannath bahwa jika mereka melakukan suatu ziarah untuk melihat Tuhan pada hari ini, mereka akan dibersihkan dari semua dosa mereka. Ratusan ribu umat mengunjungi kuil pada kesempatan tersebut. Skanda Purana menyebutkan bahwa Raja Indradyumna mengatur upacara ini untuk pertama kalinya ketika Arca Tuhan pertama kali diinstal.

Upacara Dilakukan
Pada malam Snana Yatra itu (yang berarti festival Mandi, dalam bahasa Sansekerta), Arca Tuhan dibawa dalam prosesi besar dari garbhagriha (tempat suci sanctorum) ke Bedi Snana (tempat mandiNya). Para PemujaNya datang untuk melihat Mereka.

Pada hari Snana Yatra, Tuhan dimandikan dengan 108 pot, terbuat dari emas, dari ritual air murni yang diambil dari sumur di utara candi dengan iringan mantra Veda. Pada malam hari, pada akhir ritual mandi, Jagannath dan Balabhadra yang berdandan tutup kepala gajah mewakili Dewa Ganesh. Bentuk dari Tuhan yang disebut ‘Gajavesha’.

Setelah Snana Yatra Tuhan Jagannatha secara sastra diyakini jatuh sakit dan istirahatkan di ruang penyembuhan untuk memulihkan diri dalam privasi di bawah perawatan dari Vaidya Raj, Para tabib istana Raja Puri. Dikatakan bahwa dengan pengobatan Ayurvedic (‘pnachan’) dikelola oleh Vaidya Raj Tuhan Jagannatha pulih dalam dua minggu dan melanjutkan memberikan para pemujaNya untuk melihat Mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s