(6) Kemarahan Sri Krishna “Narasimha dev”

Tidak dapat disangkal bahwa jika wujud Nrsimha adalah wujud kemarahan Krishna, mengapa Dia tidak mengambil wujud yang sama ketika Indra mengirimkan hujan yang sangat deras untuk menyakiti penduduk Vraja vasis dan juga ketika para Gopi diculik oleh raksasa Sankhacuda. Sivarama Swami menjawab pertanyaan ini…

Krishna tidaklah diperlukan mewujudkan diri menurut mood tertentu Nya. Mood itu juga haruslah menjadi suatu yang harmoni dengan lila yang Dia pertunjukan. Jika Krishna mau akan mengambil wujud dari Nrsimhadeva untuk menghukum Indra dihadapan para Vraja vasis, maka dimana akan ada suatu kegiatan yang mengagumkan untuk mengangkat bukit Govardhana? Itu tidak akan ada semuanya. Krishna memang marah kepada dewa Indra, tapi Dia tetap menjaga wujudnya yang sejati sebagai seorang bocah pengembala sapi. Wujud ini kondusif bagi kesenangan para Vraja vasis. Dan dari semua itu Nrsimhadeva ada dalam diri Krishna, bersama dengan seluruh inkarnasi Krishna lainnya.

Hal yang sama berkaitan dengan Sankhacuda. Krishna mengejar dan juga membunuhnya. Jika Krishna mewujudkan diri sebagai Nrsimhadeva, para Gopi akan menjadi sangat ketakutan terhadap Nrsimha! Mereka telah bersikap membatu karena wujud menakutkan dari para raksasa, lalu apa yang dapat disampaikan terhadap wujud singa yang mengerikan! Keseimbangan ini tetap harus dijaga. Keseimbangan dari suatu rasa-rasa tertentu yang tepat, memiliki suatu rasa bhakti yang sesuai. Kalau tidak sebaliknya akan ada rasabhasa. Mood yang konflik.

Sankhacuda dan Hiranyakashipu telah dibunuh. Tetapi Indra adalah seorang penyembah di dalam hati. Dia menunjukkan tingkah laku seorang raksasa, namun Krishna tidak membunuh para penyembahNya. Dia membunuh penyembah yang bermental raksasa, dan Krishna melakukan hal ini dengan mengangkat bukit Govardhana.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s