Cerpen Sri Radha-Krishna

Salah seorang saudara seguru Srila Prabhupada E.G.Schulz berasal dari jerman, datang ke India pada awal 1930 bersama rekannya. E.G.Schulz kemudian memperoleh inisiasi dari Bhaktisiddhanta Sarasvati dan namanya pun kini menjadi Sadananda. Tujuan sebelumnya mereka datang ke India adalah untuk mencari kebenaran tertinggi dalam hidup. Mereka mengunjungi beberapa kuil serta altar dengan arca yang berbeda-beda.

E.G.Schulz tidak tahu apapun tentang Hindu, namun hanya dengan melihat arca-arca pada kuil yang berbeda-beda, dia berkesimpulan bahwa pastilah Krishna yang tertinggi dari semuanya. Mengapa dia bisa menyimpulkan hal seperti ini ?

Kemudian dia ceritakan alasannya , “Ketika saya lihat arca yang berbeda-beda, mereka selalu terlihat melakukan berbagai kegiatan. Ada yang aktif dalam meditasi, seperti Siva. Kemudian ada yang lain sedang menggenggam beberapa senjata, satu pedang atau satu trisula. Semua arca tersebut terlibat dalam kegiatan yang berbeda-beda, tampak seolah-olah melakukan puja dan pelayanan terhadap figur ataupun sosok yang lebih tinggi kedudukannya dari mereka. Bahkan mereka terlihat seperti sedang memohon sesuatu kepada yang lebih tinggi, melalui meditasi atau apapun itu. Hal ini jelas terlihat melalui beranekaragam aktivitas yang mereka lakukan.

Ada sesuatu yang lain ketika aku melihat Radha dan Krishna, aku melihat bahwa kedua arca ini tampak berbahagia tanpa rasa cemas, menikmati kesibukanNya. Sri Krishna tampak asyik bermain seruling, ditemani Srimati Radharani yang berdiri di sampingNya. Mereka berdua tersenyum, tampak sangat berbahagia.”

Maka dia berkesimpulan bahwa pastilah Radha dan Krishna yang Tertinggi, karena mereka tidak melakukan apapun kecuali berbahagia asyik menikmati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s