Dua Krsna Menjadi Satu

Kisah kemunculan Krsna secara keseluruhan sangat ajaib. Krsna muncul baik pada Devaki maupun pada Yasoda pada waktu yang bersamaan. Pada Ibu Yasoda, Krsna muncul berlengan dua sebagai yasodanandana, dan pada Ibu Devaki, Krsna muncul berlengan empat sebagai Devakinandana.

Tidak lama setelah Krsna muncul, Ibu Yasoda melahirkan Yogamaya, adik perempuan Krsna. Oleh karena itu Ibu Yasoda melahirkan dua orang anak pada malam yang sama. Akan tetapi sungguh ajaib, lbu Yasoda sama sekali tidak menyadari lahirnya anak yang kedua karena beliau tertidur. Ketika Vasudeva datang dari Mathura dan memasuki kamar tidur Ibu Yasoda di Gokula, beliau tidak melihat Krsna. Kemudian beliau meletakkan putranya, Devakinandana disamping lbu Yasoda dan mengambil Yogamaya sebagai pengggantinya.

Di dalam Visnu Purana diceritakan bahwa ketika Ibu Yasoda terbangun, beliau tidak melihat Devakinandana dan Yogamaya, tetapi beliau hanya melihat Krsna yang berlengan dua. Maka dengan demikian, tak seorang pun di Gokula yang mengetahui tentang kelahiran Yogamaya atau penukarannya dengan Devakinandana.

Di dalam Vaisnava tosani, Srila Sanatana Gosvami menjelaskan bahwa Devakinandana yang berlengan empat menyatu dengan Yasodanandana yang berlengan dua, segera setelah Vasudeva meletakkan Devakinandana pada tempat tidur IbuYasoda di Gokula. Srila Rupa Gosvami menyatakan bahwa Sri Vasudeva (Devakinandana) yang dibawa oleh Vasudeva (Ayah, Krsna) masuk kedalam badan Krsna yang telah muncul sebagai Putra Ibu Yasoda. Oleh karena itu, dua bentuk, yaitu Bentuk Vasudeva (Krsna) dan Krsna menjadi satu. Atas tenaga Krsna yang tak dapat dipahami, kemunculan dua Krsna secara terpisah, pada Ibu Devaki dan pada Ibu Yasoda telah menjadi satu anak kecil yang berbaring disamping Ibu Yasoda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s