Sejarah Gerakan Hare Krishna ( ISKCON ) di Dunia

Masyarakat Kesadaran Krishna Internasional  (ISKCON), umum dikenal di Barat sebagai gerakan Hare Krishna, merupakan cabang monoteistik dari tradisi Gaudiya Waisnawa dalam Hindu * yang telah ditetapkan kembali oleh Sri Krishna sendiri-Kepribadian Tuhan Yang Mahaesa yang muncul di Bumi dan menyampaikan Bhagavad-gita lebih dari lima ribu tahun yang lalu. ISKCON mengikuti ajaran Tuhan Krishna sebagaimana terungkap dalam sastra suci Veda, termasuk Bhagavad-gita dan Srimad-Bhagavatam (alias Bhagavata Purana ). Praktek penting melibatkan menyanyikan suci Tuhan beberapa proses  pelayanan bhakti untuk mendapatkan kebahagiaan abadi dan perdamaian di masyarakat dengan menghidupkan kembali hubungan cinta kita dengan Tuhan.

525 tahun yang lalu Tuhan Krishna muncul sebagai Sri Chaitanya Mahaprabhu dalam rupa sebagai penyembah-Nya sendiri untuk mendirikan gerakan secara beramai-ramai pengucapan nama suci Tuhan, Sankirtana, sebagai praktek spiritual termudah dan paling luhur untuk zaman ini. Sri Chaitanya Mahaprabhu mempopulerkan pengucapan maha- mantra, yang terdiri dari nama suci Tuhan:

Hare Krishna, Hare Krishna, Krishna Krishna, Hare Hare

Hare Rama, Hare Rama, Rama Rama, Hare Hare.

Pada tahun 1965, wakil yang terkemuka dari ajaran spiritual India, Yang penuh karunia AC Bhaktivedanta Swami Prabhupada (1896-1977) membawa gerakan Sri Chaitanya ke negara Barat dan ISKCON didirikan di New York City dalam keadaan rendah hati. Berikut adalah perjalanan singkat sejarah ISKCON itu.

Pada tahun 1965, pada usia lanjut 69 tahun, atas perintah guru spiritualnya, AC Bhaktivedanta Swami Prabhupada meninggalkan tanah suci Vrindavan, India, untuk menyebarkan pesan Tuhan Krishna di Barat. Dia tiba di Boston dengan kapal barang, membawa $ 7 untuk bekal dan se kopor buku tentang Krishna. Untuk tahun pertama ia berjuang sendirian, melakukan ceramah di studio yoga, YMCA, dan seniman lofts bohemian , sementara tinggal di rumah-rumah orang-orang yang dia jumpai yang bersimpati dengan perjuangannya dan akan memberinya tempat tinggal sementara. Dia sering mengambil drum bongo kecil dan duduk di bawah pohon di taman publik untuk mengucapkan nama suci Krishna. Penonton penasaran pasti berkumpul. Beberapa bergabung dalam nyanyian. Beberapa mulai mengambil minat aktif dalam misinya.
Pada 1966 Srila Prabhupada tinggal di New York City, di bagian daerah miskin di Timur Manhattan Lower, dan mulai memberikan kelas mingguan reguler Bhagavad-gita, bersama dengan pengucapan nama suci secara publik, kirtan, di Tompkins Square Park. Pada tahun yang sama, ia membentuk ISKCON di New York City, membayangkan bahwa segera akan ada pusat di seluruh dunia.
Dari tahun 1966 sampai 1968, banyak dan terus banyak yang sebagai pencari spiritual menjadi tertarik pada kesadaran Krishna, ia membuka kuil ISKCON di New York, Los Angeles, San Francisco, Seattle, Montreal, dan Santa Fe, New Mexico.
Pada tahun 1967, Ratha-yatra pertama festival di luar India diadakan di San Francisco. Ratha-yatra merupakan salah satu festival tertua dan terbesar keagamaan tahunan di dunia, dilakukan setiap tahun di kota suci Jagannatha Puri di pantai timur India. Beberapa juta orang  berbaris di jalan untuk menarik 3 kereta besar yang membawa Arca wujud Krishna melewati jalan, disertai dengan nyanyian meriah pengucapan nama suci-Nya. Festival ini sekarang selenggarakan oleh anggota ISKCON di kota-kota di seluruh dunia.
Dari tahun 1969 sampai 1973, kuil dibuka di Eropa, Kanada, Amerika Selatan, Meksiko, Afrika, dan India. Pada tahun 1970, GBC, Body manajerial ISKCON, didirikan untuk mengawasi pertumbuhan masyarakat Kesadaran Krishna.
Dari tahun 1970 sampai 1977, ISKCON membangun pusat-pusat utama di tempat suci  suci Mayapur dan Vrindavana, India, dan sebuah kuil besar di Mumbai.
Pada tahun 1972, Srila Prabhupada mendirikan penerbitan Bhaktivedanta Book Trust (BBT), sekarang menjadi penerbit terkemuka di dunia buku-buku tentang kesadaran Krishna, atau bhakti-yoga. Krishna.com adalah proyek website BBT tersebut. Dari tahun 1966 sampai dengan tahun 1977, Srila Prabhupada diterjemahkan lebih dari 40 volume literatur agung klasik sadar Krishna dari bahasa Sansekerta ke dalam bahasa Inggris, memberikan komentar rumit sintesis realisasi master beliau dengan sendiri. Buku-buku ini termasuk Bhagavad-gita menurut aslinya, presentasi definitif ajaran Krishna, Srimad-Bhagavatam (Bhagavata Purana), 18-volume sejarah inkarnasi Tuhan Krishna,  lila dan penyembahNya, dan Sri Caitanya-caritamrita, 9-volume biografi dan ajaran Sri Chaitanya Mahaprabhu. Buku-buku ini telah diterbitkan oleh BBT dalam lebih dari 50 bahasa, dengan beberapa juta eksemplar terjual dan didistribusikan oleh anggota ISKCON kepada orang-orang di seluruh dunia.
Pada tahun 1973, Institut Bhaktivedanta dibentuk untuk mempromosikan ajaran Veda dalam istilah ilmiah.
Sejak 1974, Food for Life ISKCON telah menjalankan program bebas – karma makanan vegetarian gratis bantuan di daerah bencana dan kota-kota di seluruh dunia.
Pada bulan November 1977, Srila Prabhupada berlalu dari dunia ini. Pada saat itu, ISKCON telah mendirikan lebih dari 108 kuil, pusat, komunitas sekolah pertanian, dengan lebih dari 10.000 anggota dimulai.
Pada tahun 1989, gerakan Hare Krishna keluar dari tanah di Uni Soviet, glasnost membawa berakhirnya penganiayaan. Pada 1991, lebih dari satu juta salinan Srila Prabhupada Bhagavad-gita menurut aslinya telah dijual di Uni Soviet.
Pada awal 1990-an, proyek internet berbagai web diluncurkan, termasuk Krishna.com, ISKCON.com dan lainnya Hare Krishna website.
Hari ini, ISKCON memiliki sekitar 500 pusat di seluruh dunia, dengan penyembah di seluruh dunia dalam ratusan ribu-dari semua lapisan masyarakat.

* Catatan tentang “Hindu”: Sama seperti matahari yang dikenal dengan banyak nama di berbagai belahan dunia, “ISKCON,” ” kesadaran Krishna,” dan “Krishna” sendiri adalah istilah-istilah non-sektarian dan non-denominasi yang mengacu pada menyembah Tuhan, Sosok Agung.

Meskipun “kesadaran Krishna ” secara kultural dikenali sebagai berasal dari tradisi Gaudiya Waisnawa dalam (apa yang dikenal sebagai) Hindu, mengacu pada fungsi abadi jiwa, sanatana dharma. Dengan demikian, hal itu melampaui keterbatasan benda-benda material sementara dan terkait penetapannya.

Siapapun, dimanapun dapat berlatih kesadaran Krishna dan menjadi “pengemar” atau anggota ISKCON. Anda tidak perlu mengubah agama Anda untuk mengadopsi praktek kesadaran Krishna kesadaran-seperti melantunkan nama –nama suci Tuhan.

Iklan

3 pemikiran pada “Sejarah Gerakan Hare Krishna ( ISKCON ) di Dunia

  1. Minta pencerahan dimana saya bisa ikut menjadi bagian anggota ISKCON.apakah ada cabang di kota medan atau indonesia
    .terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s