Uraian Ringkasan dari Mahapurusha Skanda 12

Shri Shaunaka berkata, “O Suta, mohon jelaskan tentang tantra ( kitab suci yang menguraikan praktek metode pemujaan) dan kriya yoga. Tolongjelaskan juga bagaimana pra penyembah memikirkan anggota badan Tuhan, teman-teman, senjata dan perhiasannya, berkenaan dengan gambaran material khusus.”

Dalam jawabannya, Suta Gosvami menyampaikan sebagai berikut : Suatu saat bentuk semesta Tuhan bangkit pelan-pelan dengan kesadaran, tiga sistem planet tampak di dalamnya. Dalam gambaran dari Tuhan Yang Mahaesa sebagai sosok semesta, bumi adalah kaki-Nya, langit adalah pusar-Nya, matahari adalah mata-Nya, angin adalah lobang hidung-Nya, kematian adalah anus-Nya dan bulan adalah pikiran-Nya. Yamaraja dewa maut adalah bibir atas-Nya, khayalan adalah senyum-Nya dan sinar bulan adalah gigi-Nya. Pepohonan adalah bulu badan Mahapurusha dan awan adalah rambut-Nya. ( Berbagai aspek dari ciptaan ditopang oleh berbagai anggota badan semesta itu ).

Di atas dada Tuhan adalah permata Kaustubha, yang mewakili jivatma murni, dan tanda shrivatsa, yang terwujud dari pengembangan sinar permata itu. Karangan bunga-Nya adalah energi material-Nya, pakaian kuning-Nya adalah irama Veda, dan tali suci-Nya adalah suku kata Om. Tuhan membawa proses sankhya dan yoga dalam bentuk dua anting-anting-Nya yang berwujud ikan hiu. Mahkota-Nya adalah Bramaloka.  Ananta, tempat duduk Tuhan adalah tahapan tidak terwujud dari alam material. Tahta padma Tuhan adalah sifat kebaikan, yang diberkati dengan agama dan pengetahuan.

Gada Tuhan adalah unsur utama, udara atau prana, yang menggabungkan potensi-potensi sensual, mental dan kekuatan fisik. Karang-Nya adalah unsur air. Chakra Sudarshana-Nya adalah unsur api dan pedang-Nya adalah unsur eter. Perisai-Nya perwujudan dari sifat kebodohan, busur sharnga-Nya adalah waktu dan tempat panah-Nya mewakili organ kerja indera. Panah-Nya adalah indera dan kereta-Nya adalah pikiran yang kuat. Penampilan luar-Nya adalah objek-objek halus dari pikiran, dan gerak isyarat tangan-Nya adalah hakekat dari semua tujuan kegiatan.

Globe matahari adalah tempat Tuhan di puja. Sambil bermain-main membawa bunga padma sebagai wakil enam kemewahan, Tuhan menerima pelayanan dari sepasang chamara, yang adalah agama dan kemashyuran. Paying Tuhan adalah tempat tinggal spiritual-Nya, Vaikuntha, dan garuda, kendaraan-Nya, adalah tiga macam Veda. Shri, dewi keberuntungan adalah potensi internal-Nya. Vishvaksena, teman utama-Nya adalah personifikasi dari Pancharatra dan tantra lainnya. Delapan penjaga pintu, dipimpin oleh Nanda adalah kesempurnaan yoga.

Setelah bangun pagi, seorang harus memusatkan pikiran sucinya ke Mahapurusha dengan tenang mengucapkan uraian ciri-ciri Nya ini. Sebagai tambahan, seorang harus merenung sebagai berikut : Bumi adalah pengembangan dari kaki padma Tuhan. Karena semua makhluk hidup berlindung kepada bumi, mereka berlindung di kaki padma Tuhan. Inilah sebabnya, aku harus menghormati setiap orang dan tidak boleh iri kepada siapa pun. Memang, semua makhluk hidup merupakan permata kaustubha pada dada Tuhan, dan begitulah aku tidak boleh menghina siapapun. Dengan kebiasaan ini, seorang akan menyadari kebenaran Mutlak Tertinggi berada di dalam hati.

Ketika selanjutnya Shaunaka Reshi ingin mendengar tentang dewa matahari, Suta Gosvami menguraikan berbagai nama dewa matahari dan teman-temannya, dari masing-masing dua belas bulan. Begitu dewa matahari pergi dengan keretanya, para resi mengagungkan dia dengan himne dari Veda, sementara para Gandharva dan para apsara menari dan menyanyi. Par anaga menghatur tali temali kereta, par ayaksha memasang pakaian kuda dan para raksasa mendorong dari belakang. Di pinggir kereta, 60.000 brahmana reshi, yang dikenal sebagai Valakhilya memanjatkan doa-doa. Kepribadian-kepribadian ini adlaah semua pengembangan dari Personalitas Tertinggi Tuhan Yang Mahaesa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s