Ringkasan Topik Shrimad Bhagavatam Skanda 12

Di sini, Suta Gosvami memberikan ringkasan topik yang dibicarakan dalam Shrimad-Bhagavatam. Lalu dia berkata, “Jika jatuh, tergelincir, merasa sakit atau bersin, tanpa sengaja seseorang berteriak mengucapkan ‘haraye namah’ ( sujud kepada Tuhan Hari ), Otomatis diadibebaskan dari segala reaksi dosa.

Kata-kata yang tidak menguraikan tentang Tuhan Yang Mahaesa, tetapi hanya berkaitan dengan masalah-masalah material yang memang sifatnya tidak kekal, percuma saja dan tergolong sebagai tempat gagak berkumpul. Para penyembah murni dan suci hanya tertarik kepada topik-topik yang mengagungkan Kepribadian Tuhan Yang Mahasempurna. Uraian tentang Tuhan seperti itu menarik, selalu segar dan nikmat. Memang, kata-kata semacam itu merupakan festival berkelanjutan bagi pikiran. Ingatan terhadap kaki padma Krishna menghancurkan apapun yang tak bertuah dan menghadiahkan keberuntungan yang terbesar. Orang yang dengan penuh hormat mendengarkan atau mengucapkan purana ini, para dewa, para resi, para siddha, para pita, para manu dan para raja dunia mendapatkan segala hal yang diinginkannya. Brahmana yang dengan rajin membaca Shrimad Bhagavatam akan pergi ke tujuan tertinggi dan mendapatkan kecerdasan teguh dalam cinta bhakti. Raja yang mendalami Shrimad-Bhagavatam akan mendapatkan kedaulatan atas bumi, vaishya akan memperoleh harta karun besar dan shudra akan bebas dari segala reaksi dosa.

“Aku bersujud penuh hormat kepada Personalitas Tertinggi Tuhan Yang Mahaesa, Tuhan Yang Abadi dan pemimpin semua dewa. Biarlah aku berwujud penuh hormat kepada guru spiritualku, putra Vyasadeva, Shukadeva Gosvami, yang dnegan penuh karunia membicarakan Srimad – Bhagavatam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s