Pelajaran Akhir Shukadeva Goswami kepada Maharaja Parikshit

Pelajaran Akhir Shukadeva Goswami kepada Maharaja Parikshit ( Srimad Bhagavatam Skanda 12)

Shukadeva goswami berkata, “Shrimad-Bhagavatam  ini menguraikan Tuhan Yang Mahaesa dari semua yang ada, Tuhan Hari, tempat lahirnya kepuasan Brahma dan tempat lahirnya kemarahan Rudra. Berserah diri dengan cinta tanpa syarat kepada Tuhan Yang Mahaesa adalah kesempurnaan hidup, dan untuk membuat kita yakin akan fakta ini adalah tujuan tersendiri dari pemaparan ini.”

“O Raja, lepaskanlah pemikiran binatang, ‘aku akan mati.’ Tidak seperti badan, engkau tidak lahir, juga tidak akan mati. Engkau sama sekali berbeda dengan badan material, seperti api berbeda dengan minyak yang terbakar.”

“Kadang, seseorang mungkin bermimpi kepalanya dipotong. Tetapi kemudian, dia menyadari bahwa hal itu bukanlah kepalanya, karena dia berdiri terpisah, sebagai pengamat. Sama saja, pada saat jaga, orang bisa mengerti perbedaan antara badan material dengan sosok yang mengamati. Kalau periuk pecah, udara di dalam periuk tetap apa adanya. Dengan cara yang sama, setelah badan material hancur, jiwatma terus hidup. Badan material, sifat-sifat personal dan kegiatan semuanya diciptakan oleh pikiran. Pikiran adalah ciptaan dari energi khayalan Tuhan Yang Mahaesa.”

“raja sayangku, sambil selalu merenungkan Tuhan Yang Mahaesa, engkau harus secara serentak menimbang dengan sangat hati-hati mengapa jivatma-mu, jatidirimu berada di dalam badna material. Ular terbang, Takshaka, kiriman kutukan brahmana, tidak akan membakar jivatmamu. Milikilah sifat seperti ini : ‘aku tidak berbeda dengan kebenaran Mutlak, dan kebenaran Mutlak tidak berbeda dengan aku’. Dengan berserah diri seperti itu, engkau bahkan tidak memperhatikan Takshaka ketika mematuk kakimu. Bahkan engkau tidak akan melihat jasadmu atau dunia material disekitarmu, karena engkau akan menyadari dirimu terpisah dengan mereka. Sekarang, apa lagi yang ingin engkau dengar?”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s